Jumat, 13 Maret 2015

Coral Reefs All Around this World

 




Hmmm…
Terumbu karang yang indah
……….

Untuk tulisan blog kali ini pertama-tama saya akan mempersembahkannya kepada almarhumah I Gusti Ayu Nyoman Tirtha, tante saya yang tersayang yang telah membesarkan saya yang telah wafat di Denpasar, yaitu pada tanggal  5 April 2003.
Hari ini juga bertepatan dengan Hari Sang Hyang Ida Bhatara Shri sang Bhatari/Dewi penguasa segala bentuk rejeki dalam kepercayaan dan agama Hindu. Maka melalui blog sederhana ini saya juga ingin menghantarkan puji syukur atas segala rejeki yang telah saya terima selama ini dari Sang Maha Pencipta kepada saya melalui personafikasi-Nya di bumi yaitu Sang Hyang Ida Bhatara Shri. Terimakasih Tuhan.
……….

 
Setelah cukup membahas mengenai pengasaman samudra dan penyebab kerusakan terumbu karang, kurang lengkap rasanya bila saya tidak ikut sertakan juga mengenai pembahasan mengenai karang laut itu sendiri. Untuk mengetahui lebih dalam mengenai karang laut, maka saya akan mulai menjabarkan dari awal mengenai  proses pembentukan karang laut.
Karang laut berasal dari batu kapur yang dibuat oleh hewan yang sangat kecil yang bernama polip / polyp. Sewaktu polip / polyp kecil ini mati, ia akan meninggalkan kerangkanya. Pada saat kelahiran polip / polyp generasi berikutnya,  larvanya berenang dengan bebas, namun tak lama kemudian ia menempel pada koral yang ditinggalkan oleh pendahulunya. Setelah terpancang dengan kuat, polip / polyp tumbuh menjadi bentuk seperti tabung, lalu diikuti dengan pertumbuhan lengan-lengan kecil pada bibir di bagian atas tabungnya tersebut. Polip / polyp ini kemudian mulai makan, makanannya makanannya terdiri dari hewan-hewan yang menjadi unsur pokok dari plankton, terutama hewan-hewan kecil berkulit keras dan larva ikan.





Kumpulan polip / polyps
 
Dengan cara seperti demikian polip / polyp akan mulai berjuang menyempurnakan dan membangun dirinya, dengan mengambil garam kalsium dari air laut dan mengeluarkan zat yang keras seperti kapur untuk membentuk cangkir yang membatu pada ”kaki”, atau bagian bawah tabungnya tersebut. Lalu generasi-generasi polip / polyp berikutnya akan membangun lagi di atas kerangka-kerangka yang berbentuk cangkir ini, yang kelak akan mempunyai warna dan bentuk yang berbeda-beda sesuai dengan jenis organisme koral yang membangunnya.


 

Kumpulan polip / polyps yang hidup menyebar di atas organisme koral yang menopangnya

 Hasilnya adalah variasi yang luar biasa dari koral-koral yang indah, seperti yang akan saya tunjukkan secara lebih lengkap berbagai jenis-jenis karang laut / corals dari terumbu-terumbu karang di seluruh penjuru dunia.
Ingat!!!
Keindahan karang-karang laut ini ironisnya adalah penyebab utama keberadaan dirinya dijarah dan diperjualbelikan.
Karang-karang laut di bawah ini bahkan di jual juga secara online!

 

Alien Eyes Coral

 

Barrel Coral
Brain Coral



Bubble Coral

 


Cabbage Coral


Candy Cane Coral



Capricornis Coral
 

Cauli Flower Coral
  

Disk Coral
  




Doughnut Coral








Elephant Ear Coral


Flower Coral









Organisme laut yang berpendar dalam gelap - Fluorescent Sea Squirts





Karang laut yang berpendar dalam gelap / Fluorescent Corals



Fungi Coral



Glass Sponge Coral

 


Hammer Corals



LeatherCoral

 

Lettuce Coral
  

Maroon Capricornis Coral




 
 
 

Moon Brain Coral
 

Mushroom Coral

 



Open Brain Coral



Pagoda Coral
  

Pillar Coral
 

Plate Coral
 
Polyps Coral
 
Rainbow Coral


Red Rose Flower Coral
 

Scroll Coral



Sea Fan Coral



Sponges Coral
   

Star Coral
 

Sun Coral
  

Superman Chalice Coral


Table Coral
 

Tiger Sponge Coral
 
Trumpet Coral
  


Tongue Coral
 

Vase Sponge Coral
 


Vase Strawberry Sponge Coral
 

Watermelon  Coral

 
Luar biasa sekali bukan proses pembentukan sebuah karang laut yang awalnya terbentuk dari batuan kapur laut melaui bantuan hewan laut - hewan laut yang sangat kecil mungil yang bernama polip / polyps… ^_^
So, apakah kita sebagai manusia tetap sampai hati menghancurkan hasil kerja keras si mungil polip / polyps ini???? Plis deh….


 

Karang laut yang berbentuk wajah bodoh si manusia-manusia perusak alam



 
God Bless : )))












 























Tidak ada komentar:

Posting Komentar